Menurut Winarno pelaksanaan pembelajaran ARIAS hendaknya guru melihat hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembelajaran ARIAS diantaranya :
- Memahami sifat yang dimiliki siswa.
- Mengenal siswa secara individu.
- Memanfaatkan perilaku siswa dalam pengorganisasian belajar.
- Mengembangkan kemampuan berfikir kritis, kreatif, percaya diri dan kemampuan memecahkan masalah.
- Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik.
- Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
- Memberikan umpan balik yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar.
- Membedakan antar aktif fisik dan aktif mental.
Penggunaan model pembelajaran ARIAS perlu dilakukan sejak awal, sebelum guru melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Model pembelajaran ini digunakan sejak guru atau perancang merancang kegiatan pembelajaran. Rencana pembelajaran sebagai pedoman guru disusun sedemikian rupa, sehingga rencana pembelajaran ini sudah mengandung komponen-komponen ARIAS. Artinya dalam rencana pembelajaran tersebut sudah tergambar usaha/kegiatan yang akan dilakukan untuk menanamkan rasa percaya diri pada siswa, mengadakan kegiatan yang relevan, membangkitkan minat/perhatian siswa, melakukan evaluasi dan menumbuhkan rasa dihargai/bangga pada siswa.
Related posts
Model-model Pembelajaran
- Model Missouri Mathematics Project (MMP)
- Metode Penemuan Terbimbing
- Efektifitas Pembelajaran
- Strategi Pembelajaran Rekreatif
- Strategi Mastery Learning
- Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (MP PKB)
- Model Pembelajaran ARIAS
- Komponen Utama Pembelajaran Kontekstual
- Pembelajaran Kontekstual
- Pendekatan Konstruktivisme Tehnik Probing
- Pendekatan Keterampilan Proses
- Model Pembelajaran Kooperatif
- Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
- Metode Pembelajaran Role Playing
0 comments:
Posting Komentar