. Pendekatan Keterampilan Proses

Sabtu, 24 Desember 2011

Pendekatan Keterampilan Proses


          Pendekatan Keterampilan Proses
                 Proses belajar adalah perubahan di dalam diri siswa (seseorang) yang terjadi sebagai akibat hasil pengalaman yang diperolehnya pada saat berinteraksi dengan lingkungan sekitar termasuk belajar matematika. Untuk memberikan hasil belajar yang lebih baik dan bermakna, maka proses belajar seharusnya merupakan suatu proses yang aktif dalam diri siswa. Dengan demikian, maka proses belajar mengajar hendaknya mengacu pada bagaimana siswa selain kepada apa yang ia pelajari. Hal ini sesuai dengan hakekat belajar matematika, yaitu dengan belajar matematika pada dasarnya belajar  berbuat dan berpikir secara matematika.
                 Dekdikbud (dalam Sunoto, 2001 : 620) Pendekatan keterampilan proses (PKP) diartikan sebagai wawasan atau anutan pengembangan ketrampilan-ketrampilan intelektual, sosial dan fisik yang bersumber dari kemampuan mendasar yang sebelumnya telah ada pada diri siswa.  Pendidikan ini didasarkan pada keyakinan/ pandangan bahwa siswa memeiliki potensi, wawasan dan ketrampilan. Siswa tidak dianggap sebagai “gentong kosong” yang perlu diisi sepenuhnya oleh guru. Siswa tidak dijadikan sekedar sebagai objek melainkan dilibatkan dalam proses pembelajaran.              Dimyati dan Mudjiono (Sunoto, 2001: 620)  mengatakan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam mengajarkan ilmu pengetahuan membuat siswa belajar proses dan produk ilmu pengetahuan sekaligus. Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dengan sendirinya memberikan pengalaman dan dorongan pada siswa dalam melaksanakan proses belajar.
                 Untuk diketahui bahwa keterampilan-keterampilan tersebut satu sama lain saling mendukung dan melengkapi. Terkadang keterampilan satu menjadi syarat bagi keterampilan yang lain. Fokus keterampilan yang akan dicapai dalam pembelajaran seyogyanya dipilih secara selektif, menurut kebutuhan dan disesuaikan dengan karakteristik materi yang akan diajarkan ataupun sarana dan prasarana lainnya yang dibutuhkan dalam pembelajaran tersebut.

Tahap-tahap pendekatan keterampilan proses ....
Detail Lebih lanjut  Download Pdf

Related posts

Description: Pendekatan Keterampilan Proses Rating: 4.5 Reviewer: Mr. zan ItemReviewed: Pendekatan Keterampilan Proses
Al
Mbah Qopet Updated at: 16.39

0 comments:

Posting Komentar