Model Missouri Mathematics Project (MMP) yang secara empiris melalui penelitian, dikemas dalam struktur yang hampir sama dengan Struktur Pembelajaran Matematika (SPM) (Depdiknas, 2004:41) dengan urutan langkah sebagai berikut:
Langkah 1 : Review
- Meninjau ulang pelajaran yang lalu
- Membahas PR
- Memberi motivasi
- Penyajian ide baru, perluasan konsep matematika
- Penjelasan, diskusi, demonstrasi dengan contoh konkrit yang sifatnya piktorial dan simbolik
- Siswa merespon soal
- Guru mengamati
- Belajar kooperatif
- Siswa bekerja sendiri untuk latihan atau perluasan konsep pada langkah 2
- Siswa membuat rangkuman pelajaran, membuat renungan tentang hal-hal baik yang sudah dilakukan serta hal-hal yang harus dihilangkan.
- Tugas PR
- Banyak materi yang bisa tersampaikan kepada siswa karena tidak terlalu banyak memakan waktu. Artinya penggunaan waktunya dapat diatur relative ketat.
- Banyak latihan sehingga siswa mudah terampil dengan beragam soal.
- Sedangkan kekurangan atau kelemahannya
- Kurang menepatkan siswa pada posisi yang aktif.
- Mungkin siswa cepat bosan karena lebih banyak mendengar.
boleh tahu referensi...MMP dari mana yaaa
BalasHapusada buku penunjang mmp ga?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusbukunya diperjual belikan gak?
BalasHapus